Kamis, 23 April 2015

Pregnant doesn't stop me to do Yoga

Belakangan ini saya sering post beberapa foto yoga, pillates atau acro yoga di social media. Dimana Yoga dan pilates ini sudah saya ikuti setahun lebih besama Lisa’s movement family dan saat ini saya sedang hamil usia 19 minggu.

Saat post foto dengan pose yang agak ekstrim, muncul beberapa komentar yang intinya khawatir dengan kondisi kehamilan saya tapi tetap melakukan gaya-gaya acro yoga, kayang, headstand, yang sebenarnya sudah sering saya lakukan dari sebelum hamil dan terakhir saya post foto inversion menggunakan tali #redcore

Komentar tersebut membuat saya ingin mengulas sedikit tentang aktivitas yoga kami (termasuk ibu-ibu hamil) di lisa movement. Pada dasarnya exercise wont harm your pregnancy, asal dilakukan dengan benar dan dibawah pengawasan instruktur professional, sama saja dengan senam hamil, kalau datang ke Rumah sakit untuk mengikuti senam hamil, pasti di guide sama instruktur yang gak sembarangan, kan? nah beda nya olahraga yang saya lakukan agak-agak antimainstream (cheers :D...). 

Bicara soal instruktur, kami menyebutnya Bu Guru, dia adalah Lisa namuri, sangat profesionnal dan bersertifikasi. Ibu dua anak ini, merupakan istruktur yoga/pilattes beberapa klien ternama. Beliau sempat tinggal di Australia untuk mendalami Yoga/Pilates. Beliau juga seorang model dan pakar raw food. Jadi sudah pasti saya sangat merasa aman dan percaya melakukan latihan-latihan di tiap minggunya. Beliau juga pernah meluncurkan buku Pilates untuk kehamilan dan buku yang baru saja launching yaitu Lisa's Movement. Oia silakan cek www.lisanamuri.com

Mbak.Lisa, sangat memperhatikan tiap gerakan dan otot yang dituju


Pose-pose yang saya post juga tidak sekali jadi atau asal dapat foto :p, tapi di awal sesi pasti latihan basik dulu, baik yoga atau pilates, menguatkan otot-otot yang dituju. Dulu saat mau prewedding dengan gaya-gaya yoga, saya dan pasangan memaksakan mau pose double kayang dan double plank , tapi ya karena gak pemanasan, jadinya ambruk deh :). Karena latihan yang saya ikuti bukan khusus ibu hamil, jadi jika ada gerakan yang dirasa tidak kuat atau menekan ke perut, ya saya stop. 

Contoh nya, gerakan basik sun salutation, bagian yang mengharuskan badan menempel pada mat, saya skip langsung ke full cobra, plank beberapa detik, Mbak Lisa selalu bilang untuk Bumil yang gak kuat cukup down all four saja atau gerakan sit up dengan tangan dan kaki diangkat bersamaan, yang megharuskan otot perut “bangun” saya gak bisa doong, jadi saya bobo-bobo cantik aja :p

Gerakan lainnya... hemm kalau kata suami saya saya jagonya dalam perkayangan. Memang pose ini adalah pose favorit saya, tapi bersama Mbak Lisa kayang menjadi tidak biasa. Contonya seperti dibawah.

                      


Gerakan ini cukup mudah untuk Saya dan Mbak Firly, teman saya, karena dulu pun sebelum hamil kami cukup fleksible untuk gerakan ini. Mbak firly yang jago crane, saat hamil juga masih jago, padahal crane mengharuskan otot perut masuk kedalam. Ada lagi pengalaman Mbak Kiki yang jago headstand, saat hamil 7 bulan dia masih bisa headstand, lalu saya? Udah setahun sih gak bisa-bisa tuh headstand gaya-gaya Sophia Latjuba, hiks...jadi saat hamil ini saya juga gak bisa, eh belum bisa :(
Mba Firly dan suami (base) usia kehamilan 5 bulan, 
Mba Firly, sedang hamil masih bisa hand stand
           
Mbak Kiki, hamil 6 bulan, masih bisa headstand
              
Kemarin saya post foto latihan dengan #redcord, cukup ekstrim memang, dimana saya inversion menggantung di tali, saya menjadi base dan suami saya duduk diatas kaki saya. Sejujurnya ini pengalaman pertama saya latihan dengan #redcord, dulu waktu belum hamil gak sempat ikut latihan ini. Saya agak-agak takut karena belum tau teknik nya, ditambah kayanya badan udah mulai berat untuk bisa gelantungan cantik seperti Mbak Lisa. Tapi balik lagi setelah pemanasan, diajarin teknik nya dan mbak lisa juga OK, ya saya lakukan saja dengan posisi senyaman mungkin. 

Latihan dengan redcord 

Ada yang bilang, inversion gak boleh untuk ibu hamil karena takut mengganggu sirkulasi darah di kandungan atau bisa muntah2. Saya sih gak tau teori nya gimana, tapi kalau dilakukan 1 jam full gelantungan atau headstand sih mungkin yaaa... :p

Saat itu saya memilih untuk menjadi base, sementara suami saya yang duduk diatas kaki saya, karena saya tahu jadi base hanya tinggal menguatkan kaki untuk menopang pasangan, sama sekali tidak menekan kandungan. Sementara yang duduk diatas harus mengangkat badan (pull up the body, bertumpu pada tali) untuk bisa duduk di kaki saya yang cukup tinggi. Nah itu saya gak bisa dong....

Gambar di bawah, nah ini mbak lisa juga tidak menyarakan untuk ibu hamil, karena saat hamil joint kita jadi fleksible, takutnya malah gak bisa balik lagi. Yaudah lagi-lagi saya bobo cantik aja :).

Ini latihan yang tidak disarankan Mbak Lisa

Intinya latihan yoga seperti yang biasa saya lakukan saat belum hamil, tidak bahaya, asal dilakukan dengan benar. Listen to your body and record your experience. Lalu yang gak biasa gimana dong, kamu sih bisa, lalu saya? Saya juga tidak menyarankan langsung pose-pose heboh ini kok, ada tahapan-tahapan nya dan memang sesuai kapasitas saja. Bisa stretching2 dari youtube atau jalan-jalan pagi. 

Alhamdulillah kondisi saya selama hamil cukup sehat dan kuat untuk melakukan yoga/acro yoga seperti biasanya walaupun jadi ada gerakan-gerakan terbatas karena perut melendung. :)

Saya menjadi sangat bersyukur, mungkin banyak juga bunda-bunda hamil yang jadi bedrest, mual muntah sepanjang hari atau tidak bisa selincah itu. EH...tapi jangan salah, diawal keamilan saya sempat tipes satu bulan dan kaget saya begitu tidak berdaya.


Dulu saya juga suka lari dan ikut-ikut marathon, tapi selama hamil ini skip dulu deh... mau jago gimanapun saya gak berani lari-lari atau jogging-joging cantik lagi di CFD. Beda lagi dengan teman saya, kehamilan 5 bulan masih asik jogging2.

Intinya kenali tubuh, more exercise. Bagi saya yang alhamdulillah sekali... Pregnant should not stop me to do yoga or exercise.

Salam,
Annisa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar