Jumat, 17 Februari 2012

Muay Thai: Science of Eight Limbs

Hallo selamat malam,
Lagi gak bisa tidur jadi mau share sedikit. :)

Ketika nulis judul postingan kali ini, gw berasa kaya di Negeri Api dan akan terlibat dalam Mortal Combat, *halaah.
Kemarin gw akhirnya ikutan Thai Boxing di Sabai Muay Thai (www.sabaimuaythai.com), di salah satu Mall ternama di Jalan Braga. Hah Boxing? Iya jadi teman gw yang adalah Dewi sporty, Fida, pernah cerita kalau dia ikutan thai boxing atau Muay Thai ini, awalnya sih gw masih gak tertarik ditambah lagi harga exercise nya yang lumayan mahal. Beberapa kali juga fida share di Twitter kalau lagi Muay Thai, tapi lama-lama kok menarik ya, lalu gw melihat tayangan infotainment, ada salah satu artis gak terkenal sih (hahhaa) lagi diliput sedang latihan thai boxing lalu diperagakan beberapa tekniknya. Dasar wanita impulsif, gw malah jadi tertarik setelah nonton si artis itu, berasa keren latihannya. hahhaa. Engga engga, gw tertarik beneran kok, ditambah lagi gw udah lama gak olahraga, setelah pensiun dari latihan voli, dan gw merasa berat badan gw sedang mencapai ambang maksimum yang pernah gw capai selama 22 tahun hidup (lebay) selain itu, gw malah jadi sering sakit-sakitan karena gak olah raga...jadilah gw memutuskan untuk ikutan Thai Boxing.

Oia, awalnya gw sempet akan memilih ikutan nari, nari latin tepatnya untuk olahraga. Tapi Thai Boxing ini terlalu menarik, ditambah lagi Fida yang Bilang "Ini cocok banget buat nurunin berat badan!", maka berbinar-binar lah muka gw. (Nari dan Boxing, sangat bertolak belakang sekali yaa nampaknya. hehehe :p).

Di Sabai Muay Thai ini gw ikut Cardio Class dan memang benar kelas ini didesain untuk menurunkan berat badan dan Body shaping. Kelas lainnya adalah Regular, Advance dan Professional class  yang kesemuanya adalah untuk mereka yang memang mau belajar teknik-teknik Thai Boxing dan jadi profesional di bidang itu. Perbedaan lainnya adalah karena ini untuk menurunkan berat badan maka porsi latihan yang lebih berat dan set latihan yang lebih banyak. Woooo dan setelah gw latihan di hari pertama, GOSH memang benar, gw kayanya ada kali sit up dan push beratus-ratus kali, ditambah teknik dasar di Muay Thai yaitu Jab, Strike, Hook, Kick dan upper cut yang dilakukan berkali kali sampai pingsan. hehehe

Latihan di hari pertama, sangat luar biasa, di luar dugaan gw. Gw kira akan latihan seperti karate, latihan teknik, ternyata tidak! beda sekali dengan si mba mba artis di infotainment itu, yang latihan mukul-mukul lawannya dengan wajah ceria full make up. Sementara gw ngos ngosan. Tapi gw tetap semangat demi badan sehat dan kurus tentunya :D

Gw sangat menikmati latihan ini, selain karena akan membuat gw sehat dan berkeringat, gw merasa keren aja pakai hand warp dan gloves tinju. Melakukan Jab, Strike, Kick, Upper cut dan lainnya,  lalu sesekali berantem sama mas-mas trainernya, maksudnya mempraktekan teknik-teknik dasar di Muay Thai.hehe. Gw semakin tertarik dan rasanya ingin mendalami Thai Boxing ini....

Yang gw baca, kalau Muay thai ini adalah Combat Sport  yang berasal dari Thailand dan merupakan olahraga National disana. Muay merupakan bahasa sansakerta yang artinya "To bind together", dan Muay Thai ini sering disebut " Art of Eight Limbs" atau "Sience of Eight Limbs" karena hampir dari seluruh bagian badan dapat dipergunakan dalam olahraga ini yaitu misalnya menggunakan pukulan (Punches), tendangan (Kick), sikutan/menyikut (Elbow) dan Pukulan Lutut (Knee strikes), berbeda halnya dengan Boxing biasa yang hanya tinju saja.



Itu semua menambah ketertarikan gw terhadap olahraga ini, Fun dan tidak membosankan, ditambah lagi suasana latihan, trainer dan teman-teman lainnya yang membuat gw betah latihan. Walaupuun badan rasanya remuk setelah bangun tidur karena latihan yang sangat keras, tapi gw seneng banget. Ah, gw memang selalu senang saat olahraga, apalagi bagian Jab, Strike dan Kick ke Sand sack dengan sekuat tenaga, berasa lepas beban ini, hahahaha.

Gw gak sabar untuk latihan lagi, dan gak sabar liat angka timbangan yang menurun drastis, hehe tapi yang penting gw sehat.
Nanti gw post foto-foto suasana latihan, maklum member baru masih malu foto-foto :p

Salam Olahraga,
Didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat, 
kuat menghadapi beban hidup ini, *apaaadah

Thai!
Every time I do Jab strike and kick, I image your face, buuukk buukkk !-@maulidannisa

1 komentar:

  1. waktu kesana harus bawa kayak alat gitu ga? atau bawa diri aja(?)

    BalasHapus